C-Peptide, Tes lab untuk menentukan Tipe Diabetes

Di zaman modernisasi seperti sekarang manusia semakin malas melakukan aktifitas olah raga serta pola makan yg mewah tanpa terkontrol berakibatkan penyakit metabolik syndrome semakin banyak ditemukan antara lain:  DM-Hiprtensi-Dyslipidemia?
Berdasarkan data IDF 2011 di Dubai bhw Penderita DM 2010 sebanyak 285juta orang & 2030 diperkira akan 438 juta berarti akan naik 54% .Sebab itu penyakit DM harus ditangani secara serius kalau tidak akan menimbul kan Komplikasi al Stroke-Mata-Jantung?Ginjal-impoten dan kakibusuk.?

Penyakit DM dapat dibedakan atas 2 tipe?
1.DM Tipe 1(IDDM=Insuline Depending Diabetes Mellitus) adalah Diabetes yang tergantung pada Insulin,penyebabnya Pankreas tidak bisa memproduksi Insulin disebut  Diabetes keterunan jenis ini tidak bisa sembuh total seumur hidup tergantung insulin?
2.DM Tipe2 (non IDDM) adalah Diabetes yang tidak tergantung pada Insulin penyebabnya multifaktoral??Untuk membedakan kedua jenis ini maka?harus dilakukan pemeriksaan darah dgn?Parameter C-Peptide.?
Nilai Normal :?a.(0,17-0,83(mol/l) ?b.(0.78-1,19ug/ml)a(1,1-4,4ng/ml)
?Nilai normal sangat variatif tergantung pada reagent dari masing pabrik.?Bila hasilnya < nilai normal maka dapat ditegakkan menderita DM tipe 1.??

Tujuan test (C-peptide) adalah:?
1.Mengukur berapa banyak insulin yang dapat dihasilkan oleh pankreas?2.Berapa banyak Insulin resistensi?
3.Mencari penyebab Hypoglycaemia?
4.Membedakan DM Tipe 1 atau tipe 2?
5.Monitoring insulinoma??

Nilai Klinis C-Peptide ;?
1.C-peptide tak terukur tapi Glukosa darah amat tinggi indikasi DM tipe 1?
2.C peptide & Gula darah amat tinggi indilkasi DM tipe 2 dg Insulin Resistensi?
3.C-peptde tinggi & Gula darah rendah indikasi Insuloma,(tumor pankreas)atau penderita sedang menggunakan obat DM?
4.C-peptide & Gula darah rendah indikasi penderita sedang menggunakan insulin atau sedang sakit liver /sedang infeksi atau addison's disease?

Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yg mempengaruhi nilai C peptide:1.Alkohol? 2.Gagal Ginjal?  3 Kegemukan? 4.Radioaktif terapi? 5.obat obatan (obat DM+-insulin,KB?  Diuretik Cortison,Rifampicin,(obat TBC ) Asma,  propanolo(obat darah tinggi dsbnya.

sumber : graha-ra

1 komentar:

Terimakasih Artikel ini sangat membantu

Reply

Posting Komentar